KARPET LANTAI



 Karpet lantai adalah salah satu alternatif pelapis lantai ruangan yang ada untuk sekarang ini. karpet lantai yang ada ini merupakan karpet yang terbuat dari bahan polypropylene atau PP atau bahan nylon, yang sangat berbeda dengan karpet lantai - karpet lantai yang pernah aa sebagai alternatif pelapis lantai yang terbuat dari bahan benang woll. yang hanya di gunakan pada ruangan tamu, atau di tempat-tempat tertentu. Salah satu produsen karpet lantai di dunia, melakukan daur ulang bahan pembuat botol kemasan air minum PET (Polyethylene Terephthalate), untuk sumber bahan baku benangnya. PET adalah sejenis Polyester. Namun dengan karakteristik yang lebih baik, diantaranya:

• Ketahanan alamiah dan menetap terhadap noda
• Lebih kuat dan lebih tahan beban dibanding Polyester “lama”
• Titik leleh yang lebih tinggi

Karpet lantai bersama beberapa produsen karpet lain di dunia, seperti karpet lantai tile, karpet lantai roll juga membuat backing karpet mereka dengan mendaur-ulang PVC dari karpet mereka sebelumnya.

TILE KARET LANTAI PILIHAN PRODUK


Tile karpet lantai beberapa produsen lain, bahkan produsen dari Cina, Jepang, Amerika melangkah lebih jauh dengan mulai mengurangi penggunaan PVC sebagai bahan baku backing karpet mereka. Alternatif yang digunakan diantaranya adalah PU (polyurethane) dan PE (polyethylene).

Untuk ikut berperan dalam pengurangan limbah lingkungan, tidak ada salahnya bila setiap produsen tile karpet lantai mulai menggunakan bahan-bahan daur ulang. Mutu karpet tile sebagai bahan penutup lantai interior, merupakan gabungan dari banyak faktor. Penggunaan bahan dasar polymer sebagai pembentuk karpet tile, juga mempertimbangkan aspek keramahan terhadap lingkungan dari produk-jadinya. Benang menggunakan bahan berbasis polymer (buatan), dan bukannya wol (alami), ketika mengharapkan mendapat ketahanan benang yang lebih baik terhadap pemakaiannya. Harapan ini menyebabkan pengembangan benang semakin baik, mutu benang ditingkatkan dengan berbagai cara, selain hanya berdasarkan basis bahannya. Polymer secara umum terdapat pada tiga lapis bahan pembentuk karpet tile, yaitu BENANG (YARN), BACKING PENENGAH (PRIMARY BACKING), dan BACKING DASAR (SECONDARY BACKING).

Beberapa jenis benang yang umumnya digunakan dalam industri karpet tile, adalah POLYPROPILENE (PP), OLEFIN, NYLON 6, NYLON 6.6. Sedangkan cara-cara lain untuk meningkatkan mutunya dan pada gilirannya memberi nilai lebih khusus pada produk sebagai tambahan nilai jual, diantaranya memunculkan PP-heatset (melalui pemanasan), nylon 3-ply (melalui metode konstruksi), dan solution-dyed yarn (melalui pewarnaannya).

Komentar